SELAMAT DATANG

selamat datang di blog ini. Semoga dapat bermanfaat

Sabtu, 30 Maret 2013

Produk Batik Desa Jemur, Kebumen

Kerajinan membatik di wilayah Kebumen seharusnya perlu diperhatikan oleh kita semua. Biar bagaimanapun, batik merupakan salah satu warisan tradisi budaya bangsa Indonesia. Saat ini kondisi kerajinan batik di beberapa sentra batik Kebumen cukup memprihatinkan. Hal ini dikarenakan kurangnya perhatian dari pihak pemerintah selaku pemangku kebijakan. Misalnya saja pengrajin batik di Dusun Peniron, Desa Jemur, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Di Desa tersebut terdapat 2 kelompok pengrajin batik yang bernama Kelompok Kenanga dan Mawar yang masing-masing diketuai oleh Ibu Siti Nurjanah (mbak Nurjanah) dan Ibu Wahyuni (mbak Wahyuni).

Jika anda ingin mengunjungi tempat membatik ini, butuh waktu kurang lebih 15 menit dari jalan utama. Dari jalan utama di Pejagoan, anda masuk ke jalan desa sejauh 1,5 KM dan menyusuri jalan yang berada di pinggir kali/sungai. Setelah menemukan sekolah MI Ma'arif, di seberang jalannya akan anda temui jembatan sebagai jalan masuk menuju Dusun Peniron tempat pengrajin batik Desa Jemur. Jika anda bingung, anda bisa tanyakan pada warga sekitar yang pasti sudah mengetahui tempat batik ini.

Batik yang dihasilkan dari desa ini adalah khusus batik tulis. Terkadang barang yang ada pun terbatas karena terbatasnya juga permodalan, pemasaran, dan sumberdaya manusia yang ada. Jika anda ingin memesan kain batik, setidaknya memerlukan waktu 3 minggu sampai 6 minggu tergantung jenis motif dan pewarnaannya. Harganya pun bervariasi mulai harga 200 ribuan, bahkan sampai harga 700 ribu juga ada.
Kain yang digunakan untuk membatik ini menggunakan jenis kain Primisima kelas terbaik atau jenis kain Kereta Kencana dengan ukuran 1 lembar kain 2,5 x 1 meter. Berikut beberapa kain batik hasil buatan Ibu Nurjanah dan teman-temannya yang bisa anda beli.

motif suketan;
harga 250 ribu





Jenis motif Jahe:
harga 200 ribu


jenis motif: Gabah wutah kupu-kupu. 
harga: 250 ribu



Jenis motif: Sekar jagat Pisang Bali
Harga: 450 ribu

Jenis motif: Sekar jagat sawahan
harga: 450 ribu


Sekar jagat atau motif jagatan merupakan motif khas Kebumen sehingga harganya pun lebih mahal. Hal ini dikarenakan selain motif ini merupakan motif dan warna klasik, motif jagatan lebih rumit pembuatannya dan juga harus melewati sedikitnya 4 kali pewarnaan. Jadi wajar bila harganya lebih mahal dari motif batik yanglainnya. Namun demikian, harga batik ini relatif lebih murah dibandingkan jika anda mencarinya di toko batik, atau di pengrajin lainnya dengan motif dan kualitas yang sama.

Beberapa motif tersebut saat ini ready stok. Namun tidak menutup kemungkinan ketika anda hendak membeli, barangnya sudah tidak ada/sudah laku. Untuk mendapatkan motif yang sama bisa memesannya dan menunggu kurang lebih satu bulan. Untuk memesan dalam jumlah banyak pun bisa dilayani, hanya saja butuh waktu yang lebih lama dan tidak bisa diburu-buru untuk tetap menjaga kualitas batik.

Motif-motif tersebut hanya contoh dari beberapa motif batik yang dihasilkan. Anda bisa datang langsung melihat pembuatan batik, membelinya langsung. Jika anda berminat, silahkan menghubungi di nomor kontak 089665666998.
Anda juga dapat menghubungi kami untuk bertanya lebih lanjut tentang katalog batik yang tersedia via email di: wibiono_crb@yahoo.co.id 
 

Tidak ada komentar: